Masjid Kubah Emas


Beberapa waktu yang lalu saya bersama teman sekosan menyempatkan waktu untuk mengobati rasa penasaran kami dengan mengunjungi Masjid Dian Al Mahri atau yang biasa disebut dengan Masjid Kubah Emas Limo, Masjid ini terletak di jalan meruyung cinere kec. limo-depok. untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit karena hampir semua orang sekitar cinere depok pasti tau keberadaan masjid ini.

Menurut salah seorang marbot yang bisa kami wawancarai, Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid pada tahun 2001, dengan luas kawasan 50 hektar! Masjid ini mampu menampung kurang lebih 20.000 orang, wow!!! Lalu apa istimewanya masjid ini dibandingkan dengan masjid lainnya?

Ternyata Masjid yang memiliki 1 kubah utama dan 4 kubah kecil ini seluruh kubahnya di lapisi dengan emas setebal 2-3 milimeter! lapisan emas 18 karat terdapat pada hiasan relief tepat diatas imam, pada hiasan kaligrafi di langit-langit Masjid, dan puncak kubah berlapis emas 24 karat! 5 buah kubah melambangkan rukun islam, dan 6 buah menara melambangkan rukun iman. didalamnya ada lampu gantung yang didatangkan langsung dari italia seberat 8 ton! material ruang Masjid yg terbuat dari marmer di import dari turki dan italia.

Satu kata yg terlintas ketika memasuki pintu gerbang areal Masjid juga begitu masuk kedalam masjid untuk sholat berjamaah…Subhanallah! Meskipun tidak sebesar Masjid Istiqlal di jakarta ataupun Masjid Agung di Riau, akan tetapi arsitektur Masjid ini begitu indah begitupun halaman Masjid yang sangat bersih, sehingga benar-benar melambangkan simbol kemegahan islam dan mengartikan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Dengan desain arsitektur yang diambil dari Masjid di timur tengah yaitu pada kubah dan halamannya, membuat saya tidak ingin pulang!!! (hehe lebay deh..).

Banyak orang yang berkunjung tiap harinya, sehingga membuka lapangan pekerjaan sendiri bagi para fotographer amatir buat para pengunjung yg ingin berfoto di area masjid dengan membayar Rp.20.000 untuk sekali foto, juga bagi para pengusaha kuliner yang berjualan makanan ringan sampai makanan berat (warung makan padang,warteg,dll maksudnya), Pedagang Souvenir, dsb. di area Masjid.

Sekian saja corat-coret saya kali ini, semoga bisa dijadikan referensi traveltime anda. Atau bagi para pengusaha yang sudah sukses semoga bisa mencontoh ibu Hj. Dian untuk membangun Masjid, karena pasti pahalanya mengalir terus dan tentunya didoakan oleh orang banyak. Amien…

Wassalam.

7 thoughts on “Masjid Kubah Emas

  1. Asna Putra Gunawan June 18, 2011 at 10:20 PM Reply

    sungguh megah mewah sekali pas sama namanya Masjid Kubah Mas

  2. arief August 2, 2011 at 7:41 PM Reply

    ijin ambil fotonya @buildindonesia

  3. gembuls January 12, 2012 at 1:24 PM Reply

    @asna: Subhanallah…sesuatu banget deh
    @arief: silahkan mas..

  4. dewi sapitri February 22, 2012 at 12:21 PM Reply

    subhanalloh..pengen cepet* kesana!!!

    • gembuls February 22, 2012 at 8:33 PM Reply

      Subhanallah, ikuuutttt…..

  5. Danny May 27, 2012 at 4:56 PM Reply

    Menurut saya masjid ini dibangun hanya diperuntukan bagi orang2 yg berduit saja, bagaimana tidak masuk ke dalam masjid kita diwajibkan bayar dengan tarif 25rb rupiah untuk mobil saya tidak tau kalo motor, parkir di dalam masjid 2rb, keluar masjid kita deiwajibkan bayar lagi sebesar 3rb. Masjied apaan ini? Niat ke masjid untuk beribadah malah diperas sama petugas penjaga masjid.
    Buat sahabat2 yg lain klo semisal nggak mau diperas keluar masuk masjid

    Terserah tanggapan apa yg ada setelah saya menulis ini tapi saya hanya menghimbau kepada sahabat agar menjauhi masjid seperti ini.

    • gembuls May 28, 2012 at 9:58 AM Reply

      Mas Danny,
      Astaghfirullah, yang salah oknumnya mas….kenapa masjid nya yang disalahkan? lagipula mereka itu penduduk sekitar yang mencoba mengais rejeki di tempat ini, bukan ‘petugas pengurus masjid’, pengurus masjid ya adanya di masjid bukan di tempat parkir!
      Saran saya untuk menyiasati ini, jika membawa mobil anda bisa numpang parkir di luar area masjid atau naik angkot saja ketimbang bayar 25rb seperti yang mas danny katakan tersebut, kalau anda menggunakan motor ada areal parkir diluar masjid yang dikenakan biaya 2rb – 5rb rupiah.
      Lalu masuk dengan berjalan kaki seperti yang lainnya, gak masalah kan? seperti yang mas danny bilang, tujuan nya ibadah. (GembuL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: