BBM Naik Lagi? Hiks…


Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jum’at malam kemarin, membuat shock sebagian orang (terutama saya) dan sangat keberatan dengan keputusan tersebut, karena (jelas) bisa memicu kenaikan harga-harga lainnya terutama bahan pokok dan tarif transportasi umum, juga (bisa jadi) dapat menambah angka kemiskinan rakyat dan meningkatnya jumlah kriminalitas, yang pada akhirnya bisa mengancam ketahanan nasional terbukti dengan banyak demonstrasi yg terjadi dimana-mana saat ini. Alasan pemerintah menaikkan harga BBM (katanya) untuk menyelamatkan APBN karena naiknya harga minyak mentah dunia yg mencapai US$ 123 per barel. Dalih pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan BBM ini dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk keluarga miskin, dinilai oleh sebagian orang sebagai usaha yg (sama sekali) tidak efektif, paling juga ujung-ujungnya di korup dananya. Sepertinya Presiden dan wakilnya tidak dapat memenuhi janjinya seperti yg pernah diucapkan beliau pada situs resmi beliau. Ternyata reformasi tidak berjalan dengan semestinya, toh angka kemiskinan rakyat setiap tahun semakin naik semenjak lengsernya orde baru. Walau pun saya tidak paham betul akan masalah perekonomian, setidaknya kita sebagai pemuda harus kritis dan peduli atas apa yang terjadi pada bangsa ini, dan saya pribadi merasa sangat keberatan dengan keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Harga Bahan Bakar untuk jenis Premium naik dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter, untuk Solar naik dari harga Rp 4.300 menjadi Rp 5.000 per liter, Dan untuk Minyak Tanah naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.500 per liter. Apakah tidak ada alternatif lain pak presiden?

5 thoughts on “BBM Naik Lagi? Hiks…

  1. gedex May 25, 2008 at 10:33 PM Reply

    mbul populasi manusia semakin meningkat di dunia dan kebutuhan yang harus dipenuhi akan terus meningkat.. lo tau sendiri sumber daya alam untuk BBM tidak bisa diperbaharui, dari situlah mengapa BBM selalu naik. So it’s a normal thing.

    Untuk alternatif (lebih tepatnya sih solusi menghadapinya):
    1. Efisiensi pemakaian. Jadi pejabat pemerintahan mending rame2 naik KRL or angkot. Trus anak2nya juga gak usah dipinjemin mobil. Mimpi kayaknya utk yg satu ini.

    2. Sumber Energi alternatif. Mmhh gw jg kurang tahu apa aja yg tersedia. Secara gw buta utk masalah ini. Tapi pernah ada kabar angin mengenai blue energy (yg menjurus ke HOAX). Indonesia emang penuh dan gampang percaya ama HOAX.

    3. Gak usah pake kendaraan mbul klo brkt gawe:mrgreen: Jadi klo lo gawe di depok, ya lo cari gubug di daerah depok. Tapi klo mo k bks ttp, P9B or KRL😉

  2. momogie May 31, 2008 at 4:38 PM Reply

    mau jadi apa negeri ini???
    yang jelas mau jadi ancur X……!

  3. gembuls May 31, 2008 at 6:18 PM Reply

    @gedex
    Baiklah sodara gedex, usul anda kami tampung dulu *halah*
    1. Kayaknya gak mungkin untuk menekan pemakaian BBM cuy, liat aja.. BBM naek, angka kendaraan bermotor gak bakal turun jumlahnya, yg ada malah naek terus. Coba sesekali loe liat ke pemukiman warga miskin yg kesehariannya masih menggunakan minyak tanah untuk memasak. Beli seliter aja terasa berat bagi mereka, masa mau balik ke jaman batu lagi masak pake kayu bakar?
    2. Kalo isu blue energy, Belum bisa dibuktikan secara ilmiah ide dari Joko Suprapto ini. Tapi boleh juga tuh idenya, dan perlu ditindak lanjuti.. bukan sekedar wacana.
    3. Wah kalo gue sih tetep.. rela berjalan kaki untuk menunggu angkot/bis kota😛
    @yogi
    Iya X… Maybe.
    Yang jelas.. Kalo segala sesuatu dipegang oleh orang yg bukan ahlinya, tinggal tunggu tanda-tanda kehancurannya.

  4. kumiz July 11, 2008 at 6:03 AM Reply

    tenang cuy tar klo harga Minyak dunia naik lagiharga BBM juga bakal naik lagi!,kemaren seh jk ngomongnya gitu ke Gw

  5. gembuls July 17, 2008 at 8:33 PM Reply

    lah kmaren dia sms gw katanya mo mengundurkan diri cuy.. *halah*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: